Essay Informatika Kelas 8 Analisis Data -Azkya Zahra 8C

Soal Essay Informatika Kelas 8 Analisis Data

Jawablah pertanyaan di bawah ini di dalam blog pribadi kamu!

1. Apakah tujuan belajar analisis data?

Jawaban: Tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel. Biasanya ini dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis.

2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur, dan sistematis?

Jawaban: Dalam tahap teknik pengolahan data kuantitatif ada 3, yaitu editing (memeriksa kembali data yang telah terkumpul), coding (menyederhanakan data berupa kode angka atau simbol), dan tabulasi (mengorganisasikan data melalui tabel).


3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!

Jawaban: Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP (lookup_value, tabel_array, col_index_num). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.


4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?

Jawaban: PivotTable adalah alat canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda. PivotTable bekerja sedikit berbeda tergantung pada platform apa yang Anda gunakan untuk menjalankan Excel.


5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?

Jawaban: SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria. COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi.


6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?

Jawaban: Data yang dikoleksi tidak dapat memberikan informasi apabila dibiarkan apa adanya. Agar dapat memberikan informasi, data perlu diringkas. Tujuan peringkasan data adalah untuk menyederhanakan data agar dapat diperoleh informasi yang sesederhana mungkin tentang karakteristik data itu.


7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?

Jawaban: Karena analisis bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih mendetail mengenai suatu hal yang akan bermanfaat untuk siswa kelas 8.


8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?

Jawaban: 

- Pilih Insert pada menu bar. Langkah pertama untuk membuat grafik di word adalah memilih insert pada menu bar di pojok kanan atas.

- Klik ikon chart yang berbentuk grafik.

- Pilih jenis grafik.

- Masukkan data ke dalam grafik.

- Atur tampilan grafik.


9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?

Jawaban: Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.


10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?

Jawaban: Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.


11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?

Jawaban: Pengolahan data dalam penelitian adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.


12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup?

Jawaban: salah satu Fungsi LOOKUP adalah pencarian dan referensi, saat Anda harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.


13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?

Jawaban: Fungsi MATCH digunakan untuk mencari posisi sebuah nilai dalam sebuah range. Fungsi CHOOSE digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam sebuah list berdasarkan posisi yang diberikan. Sedangkan fungsi INDEX digunakan untuk mencari tahu nilai atau referensi sebuah cell dengan memasukkan informasi nomor baris dan kolom. Akan memakainya saat diperlukan.


14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian dalam meringkas data?

Jawaban: Iya.


15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan?

Jawaban: SUMIFS


16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!

Jawaban: Iya, karena absolut adalah fungsi yang membuat suatu sel tidak mengalami perubahan saat menjumlahkan, mengurangi, membagi, mengalikan, maupun menggabungkan, karena sel tersebut terkunci dan tidak bisa berubah.


17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?

Jawaban: Iya.


18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged (tanpa komputer)?

Jawaban: Minim informasi dan harus membaca serta mencari informasi tersebut. Jika plugged kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang bersumber dari internet.


19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!

Jawaban: Arti pivot di KBBI adalah putaran. Relasi makna pivot dengan fungsi pivot di Excel adalah sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data. Dengan menggunakan pivot table diharapkan dapat mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu kesimpulan atau keputusan. Mungkin maksud dari kiata putaran itu bhwa data juga berputar dan b erganti terus menerus seiring berjalannya waktu.


20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

Jawaban: Iya.

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 6: Analisis Data -Azkya Zahra 8C

Jawaban Soal Ulangan Harian Informatika -Azkya Zahra 8C

Resume Jaringan Komputer dan Internet -Azkya Zahra 8C