Cara menggunakan Microsoft Excel -Azkya Zahra 7G

Cara menggunakan Microsoft Excel
Azkya Zahra Putrilita 7G (05)

Aplikasi microsoft excel sendiri banyak dipakai oleh orang di dunia, untuk keperluan apa saja, seperti untuk administrasi perkantoran, menyelesaikan PR matematika di rumah, membuat tabel dan grafik, analisis data, membuat tabel perhitungan, dan sebagainya.

Rumus-rumus excel seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, if, vlookup, dan sebagainya, nantinya akan sangat berguna bagi keperluan kita. Kita juga bisa mengembangkan ilmu kita setelah belajar microsoft excel sehingga materi yang kita kuasai juga makin berkembang dan kita menjadi mahir untuk belajar Excel.

Nah, pertama-tama buka aplikasi Excel di komputer. Ada 3 cara untuk membuka Excel yaitu lewat desktop, memanfaatkan menu search di komputer, atau klik ikon Windows dan pilih Excel. Selanjutnya..

Pilih Blank Workbook Saat Pertama Kali Menggunakan Excel

Setelah langkah di atas dilakukan, maka akan terbuka jendela seperti ini (Office Excel 2019):

halaman pembuka microsoft excel
halaman pembuka microsoft excel

Untuk pertama kali, langsung saja pilih Blank Workbook sehingga akan terbuka jendela kosong dengan fitur-fitur dan menu yang akan kita bahas di bawah ini.

Blank Workbook ini kita gunakan untuk memulai pekerjaan baru dengan isian data masih kosong.

Fitur-Fitur Microsoft Excel Dan Fungsinya

Setelah jendela excel terbuka, maka akan muncul tampilan excel dengan beragam menu, ribbon, dan sebagainya.

Berikut ini tampilan Office 2019 berikut penjelasan fitur-fiturnya:

fitur-fitur microsoft excel dan penjelasan fungsinya
fitur-fitur microsoft excel dan penjelasan fungsinya
  1. Title bar: yang paling atas bagian tengah ada Judul. Title bar ini adalah nama file excel kita setelah kita simpan, jika belum disimpan maka namanya masih book1, book2, book3, dsb.
  2. File Tab di kiri atas: di sini berisi perintah-perintah seperti buka file excel baru, buka file excel yang sudah disimpan, menu untuk save, save as, print, share, export, publish, dan sebagainya, sampai pengaturan excel ada di sini. Untuk keluar file tab, klik tombol Esc di keyboard.
  3. Quick access toolbar: berguna untuk akses cepat di excel, misal print, save, print preview, membuat tabel, dan sebagainya. Perinta di sini bisa ditambahkan nantinya.
  4. Ribbon, yang merupakan sekumpulan menu dan perintah penting beserta iconnya di excel.
  5. Kolom (Columns), terdiri dari kolom A, B, C, D E, dan seterusnya.
  6. Baris (Rows), terdiri dari baris 1, 2, 3 dan seterusnya.
  7. Cell, adalah pertemua baris dan kolom, misalkan CELL A1 seperti di atas, berada di kolom A dan Baris ke 1.
  8. Sheet atau Worksheet, yaitu tempat di mana kita akan bekerja menggunakan excel. Isi worksheet adalah seluruh cell yang ada di sheet ini. Kita bisa menambah sheet, insert, delete, dan copy paste jika mau nantinya.
  9. View Botton yang berfungsi untuk memilih tampilan excel apakah mau normal, page layout, atau page break preview.
  10. Zoom botton, berfungsi untuk memperkecil dan memperbesar tampilan excel. Kita bisa juga menggunakan keyboard dan mouse untuk memperbesar dan memperkecil tampilan. Tekan dan tahan tombol Ctrl lalu scroll mouse ke atas untuk memperbesar dan scroll mouse ke bawah untuk memperkecil.

Itulah beberapa fitur yang ada di excel yang harus diketahui oleh pemula.

Cara Mengoperasikan Microsoft Office Excel: Panduan Pemula

Cara mengetik di Excel tidak jauh berbeda dengan di word, tinggal ketikkan saja di keyboard, di mana kita mau mengetikkan kata atau angka.

Silakan lihat video youtube berikut yaa!

Untuk menulis di excel, berikut ini panduan menggunakan keyboard:

  • tombol ← untuk geser satu cell ke kiri.
  • tombol ↑ untuk geser satu cell ke atas.
  • tombol → untuk geser satu cell ke kanan.
  • tombol ↓ untuk geser satu cell ke bawah, atau bisa juga menggunakan tombol enter.
  • untuk memblok cell, tinggal gunakan saja mouse seperti blok di word, atau bisa menggunakan tombol Shift + Tombol arah di atas (kanan, kiri, atas, bawah).

Untuk contoh kali ini, misal kita mau membuat data seperti di bawah ini. Silakan kalian tulis di excel kalian data seperti ini atau seperti yang kalian mau:

contoh cara mengoperasikan excel
contoh cara mengoperasikan excel

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel Untuk Administrasi Perkantoran

Jika kalian sedang belajar excel untuk administrasi perkantoran, maka pembuatan tabel di excel ini sangat diperlukan.

Ok yuk langsung praktik!.

Membuat Tabel

Jika kalian sudah membuat tulisan seperti di atas, silakan blok semua cell yang ada isinya sehingga menjadi seperti ini.

cara membuat tabel di microsoft excel
cara membuat tabel di microsoft excel

Setelah diblok, klik tanda ∇ di samping kanan I U, lalu pilih all borders.

All borders berguna untuk membuat tabel yang ada garisnya semua.

Setelah pilih tabel all borders, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

membuat tabel excel
membuat tabel excel

Gimana, cukup mudah bukan untuk membuat tabel di microsoft excel?

Merapikan Lebar Kolom Di Excel

Selanjutnya untuk merapikan tampilan, blok dari kolom B sampai G, lalu klik dua kali di garis misalkan atara kolom B dan C, maka hasilnya seperti ini.

merapikan tabel excel
merapikan tabel excel

Lebih rapi bukan?

Meratakan Tulisan Ke Tengah Di Excel

Selanjutnya, akan kita coba letakkan isian data agar ada di tengah, caranya blok data yang mau ditengahkan, lalu klik center, lihat gambar di bawah ini:

membuat tulisan jadi di tengah di excel
membuat tulisan jadi di tengah di excel

Silakan coba-coba dengan pengaturan tulisan, mau di kanan, kiri, tengah, atas atau bawah dengan memilih menu letak di atas.

Insert Kolom Dan Baris Di Excel

Kita bisa menyisipkan kolom di antara kolom yang ada di excel, atau menyisipkan baris di antara baris yang ada di excel.

Panduan lengkapnya silakan lihat video di bawah ini.

Cukup mudah bukan?

Terima kasih sudah subscribe, like, dan share channel youtube saya ya hehehe.

Cara Menjumlahkan Data Di Excel

Misalkan kalian seorang guru dan mau menjumlahkan data nilai siswa di sebelah kanan, silakan jumlahkan nilainya dengan cara berikut:

  • Di kolom sebelah kanan IPS, beri judul Jumlah Nilai
  • Di bawahnya isi dengan rumus: =SUM(D3:G3) atau dengan klik AutoSum di sebelah kanan atas. Hasilnya adalah angka 23.
    cara menjumlahkan di excel
    cara menjumlahkan di excel
  • Silakan beri tabel di kolom Jumlah Nilai ini.
  • Nah, untuk cell di bawahnya, tidak perlu input lagi rumus di atas, tapi cukup copy paste rumus di atas.

Cara Copy Paste Rumus Di Excel

Untuk copy paster rumus di excel bisa kalian gunakan:

  1. taruh kursor di cell H3, klik kanan > copy atau tekan tombol Ctrl + C, lalu blok Cell H4:H7, dan klik kanan lalu paste atau tekan tombol Ctrl + V.
  2. cara kedua, kita letakkan kursor di sebelah kanan bawah Cell H3, sampai muncul tanda +, lalu drag atau tarik ke bawah, seperti ini:
    cara copy rumus di microsoft excel
    cara copy rumus di microsoft excel
  3. Hasilnya akan seperti ini.
    hasil copy paste excel
    hasil copy paste excel

Belajar Rumus Excel If Untuk Pemula

Selanjutnya, kita akan menentukan, jika nilai siswa rata-rata 6, berarti total nilai 24, maka dia lulus. Namun jika jumlah nilai di bawah 24, tidak lulus.

Untuk menentukan ini, kita gunakan rumus If.

Caranya berikut ini:

  1. Di cell sebelah kanan jumlah nilai, kita tambahkan judul Lulus/Tidak.
  2. Di Cell I3, kita tuliskan rumus: =IF(H3>=24;”LULUS”;”TIDAK”), lihat gambar di bawah ini.
    cara menggunakan rumus if di excel
    cara menggunakan rumus if di excel
  3. Setelah itu, tinggal copy paste rumus dengan cara di atas sehingga hasilnya sebagai berikut:
    cara menentukan kelulusan dengan if di excel
    cara menentukan kelulusan dengan if di excel

Gimana cukup mudah bukan menggunakan aplikasi Microsoft Excel?

Nah, itulah beberapa cara belajar Excel untuk pemula. Sekian dari ku, terimakasih sudah membaca blog ku ya semoga bermanfaat. See u on the next blog!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 6: Analisis Data -Azkya Zahra 8C

Jawaban Soal Ulangan Harian Informatika -Azkya Zahra 8C

Resume Jaringan Komputer dan Internet -Azkya Zahra 8C