Rangkuman Bab 6: Analisis Data -Azkya Zahra 8C

Rangkuman Bab 6: Analisis Data


Pengertian data
Data berasal dari ada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan– keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh namun belum diolah lebih lanjut dapat menjadi sebuah fakta atau anggapan. 

Sebagai contoh, data yang diperoleh dari sebuah penelitian dengan menggunakan metode-metode tertentu, dapat menjadi lebih kompleks untuk menyajikan sebuah informasi baru atau bahkan solusi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Dalam kelas 8 ini mempelajari lebih lanjut dalam mengelola data dengan menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table, fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIFS, maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja. Kalian juga akan belajar bagaimana melakukan visualisasi data dengan chart. 

Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data.

SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. 

Kegiatan apa yang akan kalian lakukan terkait analisis data? 
Di kelas VII, kalian telah belajar mengolah data tanpa bantuan komputer atau dengan memakai aplikasi lembar kerja. Di kelas VIII, kalian akan belajar untuk memakai pencarian data, menampilkan data dengan chart, meringkas data dengan pivot table, dan mengelola data untuk dianalisis dan disimpulkan.


Kompetensi yang ada pada materi ini:
1. Pencarian data
Pencarian Linear atau sekuensial, Pencarian Biner (Binary search), dan Pencarian Beruntun (Sequential Search)

2. Visualisasi data
Meringkas data atau statistik kedalam Excel

3. Pengolahan data
Pengumpulan data penelitian, Pengumpulan data merupakan tahap utama dalam proses penelitian, Menyiapkan data penelitian, Memasukkan data penelitian, Memproses data penelitian, Keluaran data penelitian, dan Penyimpanan data penelitian yang diproses


Thank you




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Ulangan Harian Informatika -Azkya Zahra 8C

Resume Jaringan Komputer dan Internet -Azkya Zahra 8C